Skip to main content

Paduan Pelaksanaan PTK SD SMP SMA

Paduan Pelaksanaan PTK SD SMP SMA 

Profesi guru adalah kunci dalam kualitas pendidikan di Indonesia. Guru adalah tokoh sentral dalam ekosistem pendidikan, sehingga guru menjadi fokus utama pembenahan manajemen pendidikan nasional. Guru adalah kunci dalam membangun ekosistem pendidikan yang sehat, terutama melalui perannya dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, guru harus memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasiona dan guru harus meningkatkan kompetensinya agar menghasilkan manusia Indonesia yang berkualitas.

Salah satu upaya dari sekian banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru adalah dengan memotivasi guru agar dapat menghasilkan sebuah karya. Karya tersebut dapat berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK yang dilakukan oleh guru sangat penting dan bermanfaat tidak hanya kepada guru yang bersangkutan, tetapi juga bermanfaat bagi sekolah, orang tua, masyarakat, dunia industri dan dunia usaha, organisasi profesi, dinas pendidikan, dan kementerian pendidikan. Kebermanfaatan PTK tersebut sangat penting adalam kontek ekosistem pendidikan dimana PTK dapat menjadi sumber informasi dan inspirasi dalam basis kebijakan yang dapat menjadi bukti evidence.

Download Paduan Pelaksanaan PTK SD SMP SMA
Pelaksanaan program Penelitian Tindakan Kelas harus mengacu pada standar penjaminan mutu pendidikan dan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Puslitjakdikbud. Berkenaan dengan hal tersebut, Puslitjakdikbud menetapkan ketentuan-ketentuan sebagai berikut.

Tujuan PTK

1. Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah (SD, SMP, SMA dan SMK).

2. Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas.

3. Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan.

4. Memberikan kesempatan bagi guru untuk melakukan PTK yang sekaligus dapat dijadikan dasar memperoleh angka kredit untuk kenaikan pangkat dalam jabatan profesional guru.

Topik PTK merupakan model pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa bernuansa quantum teaching, quantum learning, contextual learning, integrated curriculum, dan competency based curriculum yang semua berorientasi pada kepentingan siswa. Dalam hal ini topik tidak sama artinya dengan judul. Berdasarkan pada topik tersebut guru dapat mengembangkan judul-judul sepanjang tidak menyimpang dari topik tersebut.

Selengkapnya : https://drive.google.com/file/d/0BwmrTloZ8LjaUnZ3N1NQbW9HcVk/view

Popular posts from this blog

Bahaya Gadget bagi Anak

Salah satu Bahaya Gadget bagi Anak adalah Mengganggu pertumbuhan otak anak Pada usia 0-2 tahun, otak anak bertumbuh dengan cepat hingga dia berusia 21 tahun. Perkembangan otak anak sejak dini dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan. Stimulasi berlebih dari gadget (hp, internet, tv, ipad, dll) pada otak anak yang sedang berkembang, dapat menyebabkan keterlambatan koginitif, gangguan dalam proses belajar, tantrum, meningkatkan sifat impulsif, serta menurunnya kemampuan anak untuk mandiri.

Cloud computing services

Cloud computing services today vary widely in how they are packaged and labeled. But lift the lid, and all cloud services tend to have the same basic cloud computing infrastructure. It's this common infrastructure that enables these services to deliver the characteristic benefits of cloud computing. Cloud Computing Infrastructure Fundamentals Clouds can be public or private and offer any number of IT capabilities "as a Service". Given this variety, just what does cloud mean in terms of infrastructure? While cloud services may differ in implementation detail, they share these common cloud computing infrastructure elements: Pervasive virtualization. Without virtualization—and the consequent ability to use pooled IT resources flexibly and efficiently—it's hard to imagine cloud computing. Cloud computing infrastructure typically utilizes storage and network virtualization as well as server virtualization. Pervasive automation. To meet unpredictable user demands a

Rapid prototyping

Rapid prototyping is a group of techniques used to quickly fabricate a scale model of a physical part or assembly using three-dimensional computer aided design (CAD) data.[1][2] Construction of the part or assembly is usually done using 3D printing or "additive layer manufacturing" technology.[3] The first methods for rapid prototyping became available in the late 1980s and were used to produce models and prototype parts. Today, they are used for a wide range of applications[4] and are used to manufacture production-quality parts in relatively small numbers if desired without the typical unfavorable short-run economics. This economy has encouraged online service bureaus. Historical surveys of RP technology[2] start with discussions of simulacra production techniques used by 19th-century sculptors. Some modern sculptors use the progeny technology to produce exhibitions.[5] The ability to reproduce designs from a dataset has given rise to issues of rights, as it is now possib